Yamato,kapal perang terbesar yang pernah di buat manusia

| 24 Apr 2015
    (shinano,Musashi,Yamato)



Mulanya Kapal perang Yamato dibangun ketika Jepang masuk terikat pernjanjian pembatasan senjata/alat perang, Washington Naval Treaty dan London Naval Treaty. Akibatnya, Jepang hanya boleh membangun kapal jenis kecil.
Yamato dibangun menjuadi kapal perang super berbobot total 72.800 ton. Pembangunannya dimulai 4 November 1937 di tempat rahasia, pangkalan Kure Naval Dockyard. Resmi di luncurkan pada 3 tahun kemudian tepatnya , 8 Agustus 1940.


  (foto berwarna asli kapal perang yamato)

 
Yamato dalam percobaan mesin di Selat Bungo, di luar Teluk Sukumo, Jepang, 20 Oktober 1941. (Yamato Museum/Wikimedia Commons)



(34 Yamato 26 Inch Armor Plate
http://www.williammaloney.com)

"Yamato dilapisi baja setebal 410 milimeter. Sementara bagian deknya dilapisi baja setebal 200 milimeter. Senjata meriam yang dimilliki Yamato cukup banyak dan berkaliber besar."







Yamato,juga bertugas di beberapa pertempuran-pertempuran besar selama perang dunia ke 2
pertempuan di Midway, Battle of Phillipine Sea, Batyle of Leyte Gulf, dan Samar. Kehebatan Yamato dilukiskan oleh AL Jepang sebagai kapal perang yang tidak mungkin ditenggelamkan.Kehebatan itu makin dahsyat ketika Yamato dilengkapi radar pencari pesawat dan kapal musuh. Kehebatan kapal ini pun terbukti. Sejumlah bom dan torpedo yang berhasil menghantam badannya, hanya menimbulkan kerusakan ringan.Pertempuran terakhir yang dialaminya adalah ketika berusaha mempertahankan Kepulauan Okinawa. Demi melakukannya, awak Yamato ditugaskan bertempur sampai mati AL AS berhasil mengendus keberadaaanya dan segera melakukan pencegatan.

Saat itu Yamato berada sekitar 200 kilometer dari Okinawa. Sebanyak 386 pesawat pembom dan peluncur torpedo dikerahkan untuk menghancurkan Yamato. Setelah dihantam delapan bom dan sepuluh torpedo, Yamato akhirnya tengelam. Sebanyak 2.475 awaknya tewas, sedangkan 269 lainnya berhasil menyelamatkan diri ke kapal destroyer Jepang.


(Yamato Museum/Wikimedia Commons)

Setelah penyerangan AL AS asap mengepul dari atas kapal yamato yang menandakan berakhirnya kisah sejarah besar tentang kapalperang terbesar yang pernah di buat oleh manusia.

summber: http://nationalgeographic.co.id
                 http://en.wikipedia.org

1 komentar:

Prev
▲Top▲